Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Untuk Meja Minimalis

Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Untuk Meja Minimalis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmWMZjgGdXYhl09Hjz5L4dmzQborwBpQsEuA3r5N4bf55Vj-FLECvGXfIJiLfNTD_xFO7UrANML0Qte4fqhoXbAZOViGFBf0K-V7HtRvjsVcjy2dRZ6m0w15pSz2fDtgyB5guftEIyUftj/s72-c/DeltaTable-9.jpg
konstruksi limbah bahan kayu jati

coffee table limbah bahan kayu jati

coffee table limbah bahan kayu jati


Furniture jati minimalis memang sedikit banyak membuat kita memunculkan beberapa ide atau konsep yang bertujuan untuk menciptakan sebuah barang mebel keperluan rumah kita, baik yang disusun dan dibentuk dari bahan kayu maupun yang dikombinasikan dengan material lain seperti besi, stainless steel, kaca atau bahan pendukung lain. Bahkan bukan hanya itu saja, ide dalam memunculkan warna atau bentuk finishingannya pun akan berada dipermukaan di pikiran kita. Sebagai bangsa Indonesia sejati yang sejak dari dulu sudah sangat suka dengan kayu jati, sering kali corak dan warna kayu jati akan tetap dipertahankan karena hal itu merupakan nilai lebih dari furniture jati minimalis yang kita miliki. 


Selain pemanfaatan kayu jati yang benar-benar merupakan kategori bahan, sekarang ini juga banyak dikembangkan pengolahan limbah bahan kayu jati. Meskipun dari segi ukuran tidak semuanya sama, namun berkat kecangihan teknologi permesinan terutama mesin kayu kita tidak akan khawatir konsep dan ide kita tidak terealisasikan. Memang butuh sedikit tambahan waktu saja dalam mengolah limbah bahan kayu jati ini,  hal ini bisa kita lihat dari proses penyamarataan ukuran, bentuk dan corak kayu. Selain itu tambahan waktu ada pada proses penyusunan dan penyambungan kayu tersebut dimana prosesnya akan sangat berbeda jika menggunakan bahan yang bukan limbah kayu. Setelah proses-proses tersebut dilalui, maka proses selanjutnya akan sama dengan proses yang menggunakan bahan kayu jati yang bukan limbah bahan.


Dalam pembahan kali ini, kami ingin memberikan kepada anda beberapa hasil kreasi ide kami yang disusun dari limbah bahan kayu jati. Tapi sebelumnya kami mohon maaf jika gambar yang kami tampilkan memang kurang begitu sempurna, ini dikarenakan keterbatas kami dalam permesinan dan keterbatasan pengetahuan kami. 

coffee table limbah bahan kayu jati

konstruksi limbah bahan kayu jati

konstruksi limbah bahan kayu jati

limbah bahan kayu jati

pemanfaatan limbah bahan kayu jati



Seperti pada gambar-gambar yang kami tampilkan, anda bisa melihat bagaimana meja jati minimalis yang kami susun. Kebetulan kami mendapatkan limbah bahan kayu jati yang lumayan besar sehingga barang yang kami hasilkan hampir menyerupai meja jati minimalis yang disusun dari bahan kayu jati. Anda juga bagian sambungan kayu terutama pada sambungan sudut, ini perlu sekali mendapat perhatian ekstra karena jika prosesnya kurang tepat dan presisi akan mendapatkan hasil yang berbeda serta kurang mempunyai kekuatan dalam menopang beban yang ada pada furniture jati minimalis yang kita hasilkan.

coffee table limbah bahan kayu jati

coffee table limbah bahan kayu jati

coffee table limbah bahan kayu jati

coffee table limbah bahan kayu jati

konstruksi limbah bahan kayu jati


Hal lain yang perlu kita perhatikan adalah penciptaan bentuk yang lain daripada yang lain. Namanya juga ide dadakan yah. Bentuk mebel jati minimalis kita sesuaikan dengan kebutuhan kita juga tapi kita juga perlu melihat seberapa bagus atau seberapa banyak limbah bahan yang kita punyai. Sedikit kami buka bagaimana kami memulainya, pertama yang kami lakukan adalah mengumpulkan, mendata dan mengelompokkan limbah bahan kayu jati dari pada pengrajin kayu jati. Kedua, kami membuat ide serta mengkonsepnya sedemikian sehingga membentuk gambar beberapa barang. Ketiga, kami mencoba untuk menilik kembali dari segi kekuatan dari barang tersebut jika diberikan beban tentunya kita bisa sesuaikan dengan fungsi dan konstruksi yang akan kita gunakan. Jika semua langkah tersebut dirasa sudah oke, maka langkah selanjutnya yaitu mulai memproses konsep mebel jati minimalis dan kami akan memberikan gambar jadi, gambar konstruksi dan gambar ukuran kepada pengrajin kayu jati sebagai acuan. Kita tinggal menunggu barang tersebut selesai disusun.


Demikian sedikit tulisan kami mengenai pemanfaatan limbah bahan kayu jati, semoga anda bisa memunculkan ide dan konsep baru setelah membaca tulisan ini. Harapan kami yang lain adalah setelah anda membaca tulisan anda bisa memberikan saran, kritikan dan usulan kepada kami agar kami bisa menyempurnakan tulisan ini. Selamat berkreasi. Sekian

Share this product :

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

 
Support : Creating Website | indofurni | RagamJati
Copyright © 2011. Ragam Jati - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by RagamJati
Proudly powered by Blogger